CSE

Loading

Jumat, 10 Januari 2014

ASUPAN PROTEIN, STATUS GIZI PADA PASIEN GAGAL GINJAL TAHAP AKHIR YANG MENJALANI HEMODIALISIS REGULER

Asupan protein dan energi kurang adalah salah satu penyebab Protein Energi Malnutrisi (PEM) yang sering ditemukan pada pasien Gagal Ginjal Tahap Akhir (GGTA) yang menjalani hemodialisis(HD) reguler. Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan asupan protein dan energi terhadap status gizi pasien GGTA yang menjalani HD reguler. Metode penelitian adalah cross - sectional dengan subyek 60 orang, secara consecutive sampling yang
dilakukan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo,Labuang Baji dan Faisal di Makassar. Asupan makanan menggunakan metode food recall 24 jam. Penilaian status gizi menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT);kadar albumin dengan pemeriksaan spektrofotometer menggunakan metode kolorimetrik dan Blood Urea Nitrogen (BUN) dengan metode Diacetylmonoxime; komposisi tubuh memakai Bioelectrical Impedance Analysis (BIA)
Penelitian ini menunjukkan rata - rata subyekpada kisaran umur 45 - 65 tahun dan lama HD < 12 bulan. 
Rata- rata asupan protein dan energi subyek kurang (protein =0,7g/BB/hr,energi= 24,7kkal/BB/hr) 
masing - masing sebanyak 96% subyek (p= 0,009) dan 92,7% subyek (p= 0,02). Dengan uji korelasi Pearson dan Spearman's ditemukan tidak ada hubungan yang bermakna antara asupan protein terhadap IMT (p=0,534), komposisi tubuh (bm, p=0,347; vf, p=0,890; fm, p=0,896; tbw, p=0,845; mm, p=0,531) dan laboratorium (albumin,p=0,208; BUN,p=0,661). Namun didapatkan hubungan bermakna antara asupan protein dan asupan energi (p=0,000).
Terdapat hubungan bermakna antara IMT dan komposisi tubuh sebelum dan setelah HD ( fm, p=0,001; tbw, p=0,000; mm, p= 0,004; fv, p=0,000). Dari penelitian ini disimpulkan tidak terdapat hubungan bermakna antara asupan protein dengan status gizi yang dinilai dengan IMA (sebelum dan sesudah) , albumin pre HD , BUN preHD dan komposisi tubuh (sebelumdan sesudah HD) pada subyek GGTA yang menjalani hemodialisis reguler.
 
 
Bagi teman-teman yang ingin membaca naskah aslinya silahkan download me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar